Home » » Definisi Belajar Menurut Para Ahli

Definisi Belajar Menurut Para Ahli

Di Posting Oleh : Admind.msc- The Vamphire 8.02.2011 -3:04 AM


Berikut ada beberapa definisi Belajar menurut para ahli :
  1. James O.Whittaker (Djamarah, Syaiful Bahri,Psikologi Belajar,RinekaCipta;1999) Belajar adalah Proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui latihan atau pengalaman. 
  2. Winkel,belajar adalah aktivitas mental atau psikis, yang berlangsung dalam interaksiaktif dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan, pemahaman,ketrampilan, nilai dan sikap. 
  3. Cronchbach (Djamarah, Syaiful Bahri,Psikologi Belajar;Rineka Cipta;1999)Belajar adalah suatu aktifitas yang ditunjukkan oleh perubahan tingkah laku sebagaihasil dari pengalaman.Howard 
  4. L.Kingskey (Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar; Rineka Cipta;1999) Belajar adalah proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui praktek atau latihan.
  5. Drs. Slameto (Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar; Rineka Cipta; 1999)Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamanindividu itu sendiri di dalam interaksi dengan lingkungannya.
  6. Djamarah, Syaiful Bahri,Psikologi Belajar; Rineka Cipta; 1999 Belajar adalah serangkaian kegiatan jiwa raga untuk memperoleh suatu perubahantingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi denganlingkungannya yang menyangkut kognitif, afektif dan psikomotor. 
  7. R. Gagne (Djamarah, Syaiful Bahri,Psikologi Belajar; Rineka Cipta;1999) hal 22.Belajar adalah suatu proses untuk memperoleh motivasi dalam pengetahuan,ketrampilan, kebiasaan dan tingkah laku.
  8. Herbart (swiss) Belajar adalah suatu proses pengisian jiwa dengan pengetahuan dan pengalamn yang sebanyak-banyaknya dengan melalui hafaln.
  9. Robert M.Gagne dalam buku the conditioning of learning mengemukakan bahwa:Learning is change in human disposition or capacity, wich persists over a periodtime,and which is not simply ascribable to process a groeth.Belajar adalah perubahan yang terjadi dalam kemampuan manusia setelah belajar secara terusmenerus,bukan hanya disebabkan karena proses pertumbuhan saja. Gagne berkeyakinan bahwa belajar dipengaruhi oleh faktor dari luar diri dan faktor dalmdiri dan keduanya saling berinteraksi.
  10. Lester D. Crow and Alice Crow : Belajar adalah acuquisitionof habits,knowledge and attitudes.Belajar adalah upaya-upaya untuk memperolehkebiasaan-kebiasaan, pengetahuan dan sikap. 
  11. Ngalim Purwanto (1992) Belajar adalah setiap perubahanyang relatif menetap dalam tingkah laku,yang terjadi sebagi hasil dari suatu latihanatau pengalaman. 
  12. Harun Nasution (2000:34) Belajar adalah sebagai perubahan kelakuan berkat pengalaman dan latihan.R. Gagne seperti yang di kutip oleh Slameto dalam bukunya Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya,memberikan dua definisi belajar, yaitu:Belajar ialah suatu proses untuk memperoleh motivasi dalam pengetahuan, keterampilan, kebiasaan, dan tingkah laku. Belajar adalah penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang diperoleh dari instruksi.
  13. Slameto (2003:2) Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.
  14. M. Sobry Sutikno mengemukakan, belajar merupakan suatu proses usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk memperoleh suatu perubahan yang baru sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. 
  15. Hilgard dan Bower dalam bukunya Theories of Learning yang dikutip oleh Ngalim Purwanto, belajar berhubungan dengan perubahan tingkah laku seseorang terhadap sesuatu situasi tertentu yang disebabkan oleh pengalamannya yang berulang-ulang dalam suatu situasi. 
  16. Darsono (2001:4) Belajar adalah suatu aktivitas mental atau psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan, yang menghasilkan perubahan dalam pengetahuan-pemahaman, keterampilan dan nilai sikap. 
  17. Travers Belajar adalah proses menghasilkan penyesuaian tingkah laku. 
  18. Thursan Hakim (2005:1),Belajar adalah suatu proses perubahan di dalam kepribadian manusia, dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, keterampilan, daya pikir, dan lain-lain kemampuan
  19. Slameto (2003:13), belajar merupakan suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.
  20. Skinner dalam Dimyati dan Mudjiono (1999:9), belajar merupakan hubungan antara stimulus dan respons yang tercipta melalui proses tingkah laku. 
  21. Morgan, dalam buku Introducing to Psychology (Muhamad Surya, 2004) megemukakan “belajar adalah setiap perubahan yang relative menetap dalam tingkah laku yang terjadi sebagai hasil dari sutu latihan atau pengalaman.” 
  22. Witherington, dalam buku Educational Psychology (Muhamad Surya, 2004) mengemukakan,Belajar adalah sutu perubahan di dalam kepribadian yang menyatakan diri sebagai sebagai suatu pola baru dari pada rekasi yang berupa kecakapan, sikap, kebiasaan, kepandaian, atau suatu perintah. 
  23. Djamarah (1999: 20): Belajar me¬rupakan proses usaha yang dilakukan seseorang untuk mem¬pe¬roleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan¬nya. 
  24. Abdurrahman (1999: 28): Belajar merupakan suatu proses dari seorang individu yang ber¬upaya men¬capai tujuan B elajar atau yang biasa disebut hasil Belajar, yaitu suatu bentuk perubahan perilaku yang relatif menetap. 
  25. McGeoch (1956) memberikan definisi belajar “learning is a change in performance as a result of practice. Ini berarti bahwa belajar membawa perubahan dalam performance, yang disebabkan oleh proses latihan. 
  26. Kimble memberikan definisi belajar “Learning is a relative permanent change in behavioral potentiality occur as a result of reinforced practice. Dalam definisi tersebut terlihat adanya sesuatu hal baru yaitu perubahan yang bersifat permanen, yang disebabkan oleh reinforcement practice. 
  27. Horgen (1984) memberikan definisi mengenai belajar “learning can be defined as any relatively, permanent change in behavior which occurs as a result of practice or experience” suatu hal yang muncul dalam definisi ini adalah bahwa perilaku sebagai akibat belajar itu disebabkan karena latihan atau pengalaman. 
  28. Thursan Hakim (2002) mengartikan belajar adalah suatu proses perubahan dalam kepribadian manusia dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningakatan kecakapan pengetahuan, sikap, pemahaman, keterampilan, daya fakir dan kemampuan lainnya. 
  29. Abu Ahmadi dan Widodo Supriono (2004 : 128) berpendapat bahwa belajar merupakan suatu proses perubahan didalam tingkah laku sebagai hasil interaksi dengan lingkungannya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Share this article :

1 komentar: