Home » » Definisi Kebudayan

Definisi Kebudayan

Di Posting Oleh : Admind.msc- The Vamphire 9.28.2011 -11:13 PM



Definisi Kebudayan Menurut Para Ahli : 

  1. Edward B. Tylor Mendefinisikan kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat. 
  2. Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi Mendefinisikan kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat. 
  3. Menurut Parsudi Suparlan Mendefinisikan Kebudayaan dapat didefinisikan sebagai suatu keseluruhan pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang digunakan untuk memahami dan menginterpretasikan lingkungan dan pengalamannya, serta menjadi pedoman bagi tingkah lakunya. 
  4. Arkeolog R. Soekmono Mendefinisikan Kebudayaan adalah seluruh hasil usaha manusia, baik berupa benda ataupun hanya berupa buah pikiran dan alam penghidupan. 
  5. Menurut Antropolog Koentjaraningrat Mendefinisikan Kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar. 
  6. Ki Hajar Dewantara Mendefinisikan  Kebudayaan berarti buah budi manusia adalah hasil perjuangan manusia terhadap dua pengaruh kuat, yakni zaman dan alam yang merupakan bukti kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai rintangan dan kesukaran didalam hidup dan penghidupannya guna mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang pada lahirnya bersifat tertib dan damai. 
  7. Robert H Lowie Mendefinisikan  Kebudayaan adalah segala sesuatu yang diperoleh individu dari masyarakat, mencakup kepercayaan, adat istiadat, norma-norma artistic, kebiasaan makan, keahlian yang diperoleh bukan dari kreatifitasnya sendiri melainkan merupakan warisan masa lampau yang didapat melalui pendidikan formal atau informal. 
  8. Menurut Herskovits Mendefinisikan  Kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain, yang kemudian disebut sebagai superorganic. 
  9. Andreas Eppink Mendefinisikan Kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian, nilai, norma, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca Definisi Kebudayan, Jika ada yang Kurang Faham, kalian bisa bertanya melalui komentar, Terima kasih.