Home » » Karakter dan Perbedaan individu

Karakter dan Perbedaan individu

Di Posting Oleh : Admind.msc- The Vamphire 8.01.2011 -9:31 PM


KARAKTER DAN PERBEDAAN INDIVIDU


A. Individu dan Karakteristiknya
Tujuan mempelajari karakteristik dan perbedaan individu
  1. Memahami ciri dan sifat atau karakteristik umum individu 
  2. Mengenal aspek-aspek pertumbuhan dan perkembangan individu 
  3. Memahami makna pertumbuhan dan perkembangan, karakteristik dan hukum-hukum pertumbuahn dan perkembangan 
  4. Memahami karakteristik siswa sekolah menenegah untuk mempersiapkan rencana kegiatan dalam proses belajar mengajar.
Individu adalah manusia yang berkedudukaan sebagai pribadi yang utuh, pilah, tunggal,dan khas. Dan ia sebagai subjek yang merupakan satu kesatuan psiko-fisik dengan berbagai kemammpuan untuk berhubungan dengan lingkungan dengan sesama dan dengan tuhan yang menciptakannya.
Karakteristik : karakteristik terbagi menjadi dua devinisi yaitu


a. Karakteristik bawaan (heredity)
Karakter bawaan (heredity) merupakan karakteristikketurunan yang di miliki sejak lahir, baik itu yang menyangkut faktor biologis maupun faktor sosial psikologis.


b. Karakteristik yang di peroleh dari pengaruh lingkungan
Yaitu kebiasaan-kebiasaaan yang di peroleh oleh individu misalnya dari lingkungan rumah di bawanya ke sekolah sehingga terbentuk atau berpengaruh terhadap lingkungan sekolah. Demikian juga sebaliknya, kebiasaan yang di dapat di sekolah tidak menutup kemungkinan akan terbawa ke rumah dan tanpa disadari menjadi pola hidupnya.


B. Perbedaan individu
Dari bermacam-macam aspek perkembangn individu, di kenal dua fakta yang menonjol yaitu
  1. Semua manusia menjadi unsur-unsur kesamaan di pola perkembangan 
  2. Di dalam pola yang bersifat umum, dari apa yang membentuk warisan manusia secara biologis dan sosial, tiap-tiap individu mempunyai kecendrungan berbeda.
Perbedaan individu menurut Garry1963 (oxendine,1984:317)adalah
  1. Perbedaan fisik : usia,tingkat dan berat badan,jenis kelamin, pendengaran, penglihatan, dan kemampuan bertindak. 
  2. Perbedaan sosial : termasuk status ekonomi, agama, hubungan keluarga dan suku 
  3. Perbedaan kepribadian : termasuk watak, motif, minat, dan sikap 
  4. Perbedaan inteligensi dan kemampuan dasar 
  5. Perbedaan kecakapan atau kepandaian di sekolah
Selain perbedaan individu menurut Garry ada berapa hal yang sering di temui


a. Perbedaan kognitif
Menurut Bloom, proses belajar mengajar baik di sekolah maupun di luar sekolah menghasilkan tiga pembentukan kemampuan yang di kenal sebagai taxonomy Bloom yaitu : kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik


b. Perbedaan individu dalam kecakapan bahasa
Kemampuan berbahasa merupakan kemampuan seseorang untuk menyatakan buah pikiran dalam bentuk ungkapan kata dan kalimat yang penuh makna, logis dan sistematis.


c. Perbedaan dalam kecakapan motorik
Kecakapan motorik atau kemampuan psikomotorik merupakn kemampuan untuk melakukan koordinasi kerja saraf motorik yang di lakukan oleh saraf pusat untuk melakukan kegiatan.kegiatan tersebut terjadi karena kerja saraf yang sistematis.


d. Perbedaan dalam latar belakang
Dalam suatu kelompok siswa pada tingkat manapun, perbedaan latar belakang dan pengalaman mereka masing-masing dapat mempengaruhiatau memperlancar dan menghambat prestasinya, terlepas dari potensi individu untuk menguasai bahan pelajaran.pengalaman-pangelaman belajar yang di miliki anak di rumah mempengaruhi kemuan untuk berprestasi dalam situasi belajar yang di sajikan.


e. Perbedaan dalam bakat
Bakat merupakan kemampuan khusus yang di bawa sejak lahir, kemampuan tersebut akan berkembang dengan baik apabila mendapatkan rangsangan dan pemupukan secara tepat.


f. Perbedaan dalam kesiapan belajar
Kondisi fisik yang sehat, dalam kaitannya dengan sehatan dan penyesuaian diri yang memuaskan terhadap pengalaman-pengalaman, disertai dengan rasa ingin tau yang amat besar terhadap orang-orang dan benda-benda membantu berkembangnya kebiasaan berbahasa dan belajar yang di harapkan.Sikap apatis, pemalu dan kurang percaya diri, akibat dari kesehatan yang kurang baik, cacat tubuh dan latar belakang yang m,iskin pengalaman, mempengaruhi perkembangan pemahaman dan ekspresi diri.

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca Karakter dan Perbedaan individu, Jika ada yang Kurang Faham, kalian bisa bertanya melalui komentar, Terima kasih.